Selasa, 14 Februari 2012

Pertemuan Komite Keselamatan Kesehatan dan Lingkungan Pelabuhan Sehat 2012

14 Pebruari 2012, Hotel Kawanua Aerotel Jakarta menjadi tempat pertemuan Komite Kesehatan, Keselamatan dan Lingkkungan (K2L)/Pelabuhan Sehat, yang dihadiri  oleh 50 peserta anggota komite. Agenda rapat koordinasi adalah mengevaluasi perkembangan kegiatan komite tahun 2011 dan sosialisasi rencana kegiatan komite tahun 2012. Rapat dibuka dan dipimpin oleh Pembina Pelabuhan sehat, Bapak Sahat, SH, MH (Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok).
Dalam sambutan pembukaan Pembina pelabuhan sehat menyampaikan beberapa rencana yang masih dalam persiapan yaitu, :

  1. Diharapkan kedepan Pelabuhan Tanjung Priok dapat melayani kapal-kapal dalam ukuran besar yang dapat mengangkut muatan yang lebih banyak dan biaya dapat diperkecil.
  2.  Muatan kapal perlu dilakukan pemeriksaan secara ketat, dan untuk memperpendek waktu pemeriksaan, akan dipersiapkan area untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.
  3. Pelabuhan Tanjung Priok harus dilengkapi berbagai fasilitas pemeriksaan seperti laboratorium yang dapat mendeteksi bahan insektisida yang ada pada buah-buahan dan sayuran  segar, sehingga tidak ada lagi larangan kapal  untuk mengangkut buah-buahan dan sayuran segar ke Pelabuhan Tanjung Priok.
Pembina Pelabuhan Sehat juga menyampaikan rencana kunjungan tim penilai bersama Wakil Presiden dalam rangka gerakan bersih negeriku ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Panjang.


Hasil perkembangan kegiatan yang di evaluasi Komite K2L sampai dengan tahun 2011 adalah :
  1. Adanya hasil  pendataan kondisi Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan di Pelabuhan Tanjung Priok yang masih perlu dibenahi sesuai dengan rekomendasi /saran;
  2. Adanya penambahan tempat sampah dan dipasang  di lokasi yang belum tersedia;
  3. Adanya promosi kesehatan yang dipasang dalam bentuk spanduk gerakan nasional bersih negeriku , stiker larangan merokok, dsb;
  4. Adanya penghijauan dengan penambahan tanaman di ruang terbuka, tanaman dalam pot dan tanaman yang berbunga;
  5. Adanya dokumen kontijensi plan dan simulasi tanggap darurat kejadian pandemic influenza;
  6.  Kegiatan pemantauan pencemaran udara, pengendalian dan pemberantasan vector.
  7. Adanya kegiatan jumat sehat;
  8. Adanya kegiatan pembersihan di kolam pelabuhan.
Kegiatan yang masih perlu ditindaklanjuti :
  1. Pembersihan kolam pelabuhan dari sampah;
  2. Bak sampah perlu dipasang pintu dgn kunci yang mudah dibuka untuk menghindari sampah berserakan di sekitar bak sampah , terutama di sekitar gedung graha samudra, jalan menuju DOK galangan II, KBN dan bak sampah dilokasi lainnya;
  3. Sampah sebaiknya diangkut setiap hari (tidak lebih dari 24 jam);
  4. Pemasangan rambu-rambu lalu lintas terutama tanda dilarang masuk (perboden) setelah pintu masuk pos IX;
  5. Belum ada pemasangan rambu-rambu pejalan kaki;
Rencana kegiatan  tahun 2012 :
  1. Pemberian honor komite  K2L sesuai Standar Biaya Umum yang diberikan 2 (dua) kali dalam setahun, dan alokasi anggaran lewat DIPA KKP Kelas I Tanjung PRIOK;
  2. Pemasangan 2 (dua) running tex yang akan dipasang pada pos IX dan pos III yang berisi teks :   Anda memasuki kawasan pelabuhan sehat, periksalah emisi kendaraan anda, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan, dilarang merokok di kawasan pelabuhan.
  3. Pertemuan Komite K2L  yang direncanakan tanggal 25 sd 27 Juni 2012 di Bandung, Jawa Barat. Pertemuan tersebut melihat perkembangan tindak lanjut atau perbaikan hasil pendataan kondisi K2Ldi Pelabuhan Tanjung Priok  yang perlu dibenahi.
  4. Rencana pemeriksaan kesehatan gratis, seperti pemeriksaan factor risiko penyakit jantung, pemeriksaan HIV/AIDS dan Napza.
  5. Promosi Pelebuhan sehat dalam bentuk pemberian jaket kepada tukang ojek yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjun g Priok. 
  6.  Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan gerakan kebersihan lingkungan  jumat minggu pertama  setiap triwulan (TW), dan disepakati jadwal pelaksanaan  :
  • ·TW1 : 2 Maret 2012, lokasi di Terminal Penumpang Nusantara dan lingkungan sekitarnya , dengan leading sector KKP kelas I Tanjung Priok;
  •  TW 2 : 8  Juni 2012, lokasi Pos III dan lingkungan sekitarnya, dengan leading  sector   Otoritas Pelabuhan;
  • ·TW 3  : 7 September 2012, lokasi Pos I dan lingkungan sekitarnya, dengan leading sector Syahbandar Kelas Utama;
  • · TW 4 :  7 Desember 2012, lokasi  Pos VIII dan sekitarnya, dengan leading sector PT. Pelindo.
  • PT Pelindo untuk menyediakan truk sampah dan kantong plastic.
Beberapa Pendapat dari peserta rapat adalah :
1. Perlu  dipertimbangan untuk merevisi SK Komite K2L dari Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan, mengingat perwakilan dari Bea Cukai, Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Karantina Tumbuhan dan Ikan belum ada.
2. Perlu dibuat alamat Blog atau milis K2L sebagai tempat untuk  menyampaikan dan bertukar informasi atau isu yang up to date antara anggota Komite K2L.

Pada kesempatan ini Komite K2L sudah memiliki alamat Blog dan Milis tersendiri. Silahkan Para anggota komite untuk menyampaikan berita dan kemajuan kegitan pada :
  1.  Alamat Blog   :  http://komite-k2ltjpriok.blogspot.com/
  2. Alamat Milis    : http://groups.google.com/group/k2l-tanjung-priok
  3. Alamat e-mail : kkp.priok@gmail.com  dan k2lpriok@gmail.com
Alamat Sekretariat (sementara): Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, Jln. Raya Pelabuhan Tanjung Priok No. 17 - Tanjung Priok. Photo - photo  kegiatan perkembangan K2L / Pelabuhan Sehatan Tahun 2011.

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar